Selasa, 09 Juni 2009

Betulkah promosi iklan teks di banyak blog yang menjamin bisa dapat uang dengan mudah lewat Internet? Ada iklan yang memastikan klien memperoleh uang jutaan, puluhan juta, bahkan ratusan juta rupiah setiap bulan hanya dengan membeli ebook atau software senilai Rp100 ribu sampai Rp300 ribu. Tak masuk akal?

Internet marketing adalah ladang bisnis dunia maya yang memang bisa menghasilkan uang. Sekitar empat-lima tahun lalu media pers nasional menulis soal Anne Ahira, seorang “blogger” — sengaja pakai tanda kutip karena definisi “kebloggeran” Anne masih harus diperdebatkan, dia lebih cocok disebut sebagai “Internet marketer” — yang kabarnya bisa dapat ratusan juta perbulan lewat Internet marketing. Banyak yang bertanya produk apa sebenarnya yang diajual. Ada yang menilai Anne cuma “memeras” para klien atau anggota yang mendaftar padanya. Si A menyetor Rp100 ribu misalnya dan A harus merekrut B, lalu B mengkader C dan seterusnya hingga beranak-pinak, mirip multi-level marketing; uang mereka itulah yang membuat Anne kaya. Konon begitu, benar-tidaknya Anne sendiri yang tahu. Fakta di cyber ialah: sebagian besar blogger dan pengakses Internet [netter] menilai Anne secara negatif karena dinilai telah melakukan “malpraktek” Internet marketing. Sampai sekarang iklan-iklan Anne dan jaringannya masih muncul lewat Google Adsense.

Selain [setelah] Anne, kini banyak muncul blogger dan pelaku bisnis Internet marketing di Indonesia. Mereka berpromosi gencar lewat iklan teks, termasuk iklan-iklan yang muncul di Blog Berita. Benarkah isi iklan mereka bahwa bisa cepat kaya hanya dengan membeli buku atau software senilai ratusan ribu?

Tentu logika kita tidak akan percaya bahwa uang puluhan atau ratusan juta bisa masuk ke rekening kita secara “non-stop” dengan cara-cara yang ditawarkan iklan tersebut. Blog Berita yakin, Internet bisa menghasilkan uang, tapi tidak sedramatis yang diiklankan.

Teknik konvensional yang halal
Banyak cara mendapatkan uang lewat Internet. Bila kau punya blog, maka blogmu bisa mendatangkan uang lewat komisi iklan Google Adsense, Kumpul Blogger, Adsense Camp, Yahoo Publisher, Text Link Ads, atau komisi penjualan toko online Amazon, dan banyak lagi perusahaan periklanan Internet lainnya. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Atau bisa juga dengan menjual buku elektronik, atau membuka layanan langganan newsletter dengan bayaran.

Kita sebut saja ini sebagai “cara-cara konvensional yang halal”, cara yang lazim dipakai dan tidak melanggar “etika blogger”. Catatan: tidak ada etika resmi blogger Indonesia secara tertulis.

Teknik kreatif yang brutal: auto blogging
Ada cara lain bagi blogger untuk memperoleh uang, dan kita istilahkan yang ini sebagai “cara kreatif yang brutal”. Kalau tidak sabar membangun blog secara perlahan, menulis artikel menarik setiap hari, menghabiskan belasan bulan bahkan tahun, maka blogger bisa membuat blog-blog siluman yang isinya cuma copy-paste alias jiplakan. Antara lain dengan membuat blog gratisan di blogspot.com sebanyak-banyaknya, kalau bisa 10 atau 100 blog, lalu mendaftar di Google Adsense.

Tak perlu capek-capek menulis artikel secara manual, pasang saja software auto-blogging, lalu langgani RSS feed blog-blog berbahasa Inggris untuk diposting secara otomatis ke puluhan blog tersebut. Pilih artikel bertopik Internet marketing dan pornografi, inilah yang paling banyak dibahas di seantero Web, dengan demikian peselancar Internet dari mesin pencari Google dan Yahoo kemungkinan besar akan nyasar masuk ke blog-blog tersebut dan mengeklik iklan. Cara-cara illegal ini masih banyak variasinya, takkan tuntas dibicarakan dalam satu artikel pendek.

Yang pasti, kesalahan fatal auto-blogging ialah pelanggaran hak cipta karena menjiplak artikel atau konten blog lain. Tapi kalau kita menyebutkan sumbernya dan membuat tautan-balik ke blog-asal, apakah bisa? Tentu saja bisa. Adalah lazim di dunia blog untuk mengutip artikel dari situs lain dengan membuat link-balik. Tapi sebaiknya jangan [terlalu sering] mengutip secara utuh; kutip beberapa kalimat saja, satu-dua alinea paling relevan untuk artikelmu, kemudian tambahkan dengan opini atau ulasanmu sendiri.

Tak punya blog? Jadilah “tukang klik” untuk dapat duit
Netter yang tidak punya situs sendiri juga bisa memperoleh uang lewat Internet. Salah satunya dengan menjadi “tukang klik iklan”. Terdapat banyak situs “paid to click” yang menawarkan uang bagi siapa saja yang mau mengeklik iklan-iklan di situs mereka. Klik satu iklan, tunggu sekitar 30 detik atau satu menit, lalu klik iklan yang muncul berikutnya. Konon dibayar pada kisaran 100 rupiah per sekali klik. Dari pengalaman orang lain yang kubaca, ada yang benar-benar dibayar, tapi banyak juga yang sifatnya scam atawa ngibul.

Kembali ke awal, tentang iklan-iklan “cara mudah cepat kaya lewat blog dan Internet”. Benarkah ratusan bahkan ribuan dollar perhari bisa diperoleh dengan sangat gampang di Internet? Benarkah ada software otomatis yang bisa memasukkan duit ke rekening bank kita “tanpa henti dan halal”?

Tak ubahnya seperti menonton iklan kecap manis di televisi atau iklan ponsel di koran, calon konsumen harus bijak dan jeli. Blog Berita tetap percaya bahwa blogger bisa menghasilkan uang lewat iklan-iklan di blognya; tapi tidak yakin dengan cara-cara instan, mudah, cepat, apalagi otomatis.

Kutipan artikel U.S.News berikut mungkin bisa jadi pertimbangan bagi kita blogger di Tanah Air. Ditulis pada 19 Mei 2009 dengan judul Bagaimana memperoleh uang sebagai blogger profesional — How to earn money as a professional blogger. U.S.News mewawancarai beberapa orang blogger yang sudah berhasil memperoleh puluhan ribu dollar atau ratusan juta rupiah tiap bulan dari blog mereka. Salah satu nasihat yang disampaikan blogger tersebut seperti dikutip Blog Berita dari U.S.News:

“Be patient, bersabarlah, lakukan dengan tekun dan perlahan. Butuh waktu bertahun-tahun agar kau bisa hidup dari situsmu,” kata Jim Wang, blogger berusia 28 tahun yang kini menghasilkan 10 ribu dollar perbulan dari blognya. Dia mengingatkan siapapun untuk tidak ngeblog kalau semata-mata demi mencari uang. “Tapi harus ada perasaan suka yang mendalam, idealisme, atau motivasi lainnya.”

Bagaimana pendapatmu, percayakah pada cara-cara instan mendapatkan uang dari Internet?

DIAMIL DARI BLOG BERITA

3 Comments:

  1. Seti@wan Dirgant@Ra said...
    Aku juga dulu awalnya berangkat dari keinginan bisnis online gitu bang,... tapi setelah sekian bulan berubah jadi blogger deh... udah ketagian
    NumB3R said...
    Kalo cara instan memang ada, tp ya gtu. .hasilnya haram mas, hehehe. . .
    Lebih baik sabar dan terus berusaha^^
    hery said...
    wah kalau aq sebenarnya pengen juga sich, tapi sayang salama ini belum ada blog yang bisa menjelaskan secara detail. mulai dari bikin blog, daftar ke google, bank yang bisa digunakan, trus transaksi pembayaran gmn ya kalau ada yang mau ngasih info tlng email ke hery_xl3@yahoo.co.id makasih boz....

Post a Comment